Menebak Nasib Istri dan Anak-anak Khadafi

21 Oct

Jumat, 21/10/2011 21:59

Jakarta – Sepak terjang bekas pemimpin Libya Muammar Khadafi tak terlepas dari peran anak-anak dan istri tercinta. Kini, setelah Khadafi tewas, bagaimana nasib mereka?

Dalam berbagai catatan biografi, Khadafi diketahui memiliki dua istri yakni, Fatiha al-Nuri (1969-1970) dan Safia el-Brasai (1971-2011). Dari keduanya, sang Kolonel mendapat 8 anak dan dua anak adopsi.

Mereka adalah Muhammad Muammar al-Khadafi, Saif al-islam, Al-Saadi, Hannibal, Mutassim, Saif al-Arab, Khamis dan Milad (adopsi). Anak perempuan Khadafi terdiri dari Ayesha dan Hanna (adopsi).

Lalu bagaimana kondisi mereka sekarang? Dari sejumlah pemberitaan dan data dari pihak Libya, dilaporkan ada sebagian anak Khadafi yang sudah tewas. Sementara beberapa orang lainnya ada yang melarikan diri ke luar negeri.

Berikut data mereka seperti yang dilansir Daily Mail, Jumat (21/10/2011):

Muhammad Muammar al-Khadafi

Muhammad adalah satu-satunya anak dari istri pertama Khadafi. Kini dia berusia 41 tahun dan berada dalam pelarian di luar negeri. Muhammad adalah salah satu kepala dari komite olimpiade dan bos perusahaan komunikasi Libya General Post dan Telecom. Kabar terakhir, dia melarikan di Aljazair saat kota Tripoli jatuh.

Saif al-Islam

Said merupakan anak tertua dari istri kedua Khadafi. Pria yang kini berusia 39 tahun tersebut merupakan ‘anak emas’ sang diktator. Dia pernah bersekolah di London dan Wina dan terkenal sebagai seorang playboy. Para pemberontak mengklaim telah berhasil menangkap Said saat kejatuhan Tripoli, namun berhasil lolos. Lalu pada saat penyergapan Khadafi di kota Sirte, Said juga sempat dikabarkan tertembak di kaki. Pengadilan Kriminal Internasional masih mencarinya karena dianggap bersalah dalam urusan kemanusiaan.

Al-Saadi

Al-Saadi adalah salah seorang anak Khadafi yang menjadi seorang atlet sepakbola. Pria berusia 38 tahun tersebut pernah bermain di Liga Seri A Italia. Saadi juga dikenal sebagai seorang pengusaha dalam bidang hiburan. Kabar terakhir pria botak tersebut sedang berada di Nigeria sejak bulan September 2011.

Hannibal

Anak Khadafi yang satu ini dikenal akrab dengan kekerasan. Dia pernah dituduh memukuli pacarnya yang sedang hamil di Paris pada tahun 2005. Tidak hanya itu, pria yang kini berusia 36 tahun tersebut pernah ditahan polisi karena menyerang dua pelayan di Hotel Jenewa, Swiss. Namun dia berhasil bebas dengan jaminan dan bisa kembali ke Libya. Bagaimana nasibnya sekarang? Kabar terakhir, Hannibal melarikan diri ke Aljazair dengan kakaknya Muhammad pada bulan Agustus lalu.

Mutassim

Mutassim ikut tewas bersama Khadafi saat penyerbuan di Kota Sirte dalam usia 34 tahun. Dia adalah seorang letnan kolonel dalam pasukan angkatan darat Libya. Yang menarik, Mutassim pernah mencoba mengkudeta sang ayah dan kabur ke Mesir. Namun dia dimaafkan dan hingga akhir hayatnya menjadi penasihat militer Khadafi.

Ayesha

Dijuluki Claudia Schiffer dari Afrika Utara, Ayesha merupakan salah satu putri Khadafi yang cantik. Wanita berusia 34 tahun itu adalah seorang pengacara dan pernah menjadi pengacara mantan presiden Irak Saddam Husein. Kini dia melarikan diri ke Aljazair bersama sang ibunda Safiyah dan kedua kakaknya sejak Agustus. Ayesha juga dikabarkan sudah melahirkan di pelarian.

Saif al-Arab

Saif al-Arab sudah diketahui tewas sejak April 2011 lalu. Dia menjadi salah satu korban serangan NATO saat penyerangan ke tempat persembunyian Khadafi. Selama hidupnya, pria berumur 29 tahun itu sempat ditangkap dua kali di Jerman karena terlibat dalam penyerangan ke sebuah klub malam dan membuat keributan dengan kendaraan Ferrari F430 miliknya selama menimba ilmu di Munich.

Khamis

Khamis juga tewas akibat serangan NATO saat kota Tripoli jatuh. Putra bungsu Khadafi yang baru berusia 28 tahun ini memiliki pasukan khusus yang dinamai Brigade Khamis. Unit tersebut terkenal karena kekejaman dan penyiksaannya.

Safiyah

Berusia 60 tahun, istri Khadafi Safiyah melarikan diri ke Aljazair bersama sang putri Ayesha. Dia adalah bekas suster yang merawat Khadafi sejak tahun 1969. Usia pernikahan mereka sudah 40 tahun dan dikaruniai tujuh anak. Safiyah dikenal sebagai sosok ibu negara yang gemar belanja. Dia juga kerap menggunakan pesawat pribadi Khadafi untuk keliling Eropa khusus untuk belanja. Kekayaan Safiah diestimasi mencapai 19 juta Poundsterling, termasuk 20 ton emas.

Hanna

Kerabat Khadafi yang saat ini masih belum diketahui statusnya adalah Hana. Wanita berusia 20 tahun yang diadopsi Khadafi ini pernah dikabarkan tewas pada tahun 1986. Saat itu, ada serangan udara dari Amerika Serikat setelah insiden Lockerbie. Tapi, pada bulan Agustus, dia diketahui masih hidup dan menjadi dokter.

Dre@ming Post______

sumber : detik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: